Hati-hati! Berbagi Spot Di Kantor Ini Berpotensi Jadi Sarang Kuman

Hati-hati! Berbagi Spot Di Kantor Ini Berpotensi Jadi Sarang Kuman

Kenyamanan sebuah ruangan bukan saja ditentukan dari segi keluasan atau keindahannya saja. Faktor penting lain yang harus diperhatikan adalah kebersihan dari setiap sudut ruangan. Namun demikian, ada kalanya beberapa titik (spot) pada ruangan luput dari perhatian. Seperti misalnya, karpet kantor.

Tidak jarang beberapa spot pada ruangan hanya mendapat perhatian minim tentang kebersihannya. Akibatnya, berbagai spot tersebut kemudian malah menjadi sarang kuman.

Spot-spot Ruang Kantor Yang Kerap Jadi Sarang Kuman

Pada usia produktif, kantor merupakan salah satu tempat seseorang menghabiskan waktu cukup lama, setidaknya 8 jam sehari. Oleh karena itu, menjaga kebersihan area kantor tentu menjadi penting, karena hal tersebut juga akan berkaitan dengan kesehatan para karyawan. Berikut ini adalah spot-spot yang kerap kali jadi sarang kuman di ruang kantor.

1. Bagian Dalam Laci Meja Kantor

Walaupun di kantor umumnya terdapat Office Boy yang bertugas membersihkan, namun kebersihan laci kantor pastinya merupakan tanggung jawab para penggunanya laci tersebut. Akan tetapi, bagian ini kerap kali luput dari perhatian. Bahkan bisa jadi, seorang pegawai tidak pernah membersihkan laci kantornya selama dia bekerja di sana.

Baca juga : Lakukan Ini Untuk Mendesain Villa yang Penuh Kehangatan!

Padahal, bagian laci kantor walaupun tertutup, kerap dipenuhi debu dan kotoran, hingga akhirnya menjadi sarang kuman. Oleh karena itu, setidaknya dua minggu sekali, keluarkan seluruh isi laci meja kantor, dan bersihkan bagian dalamnya.

2. Tirai dan Karpet

Tirai dan karpet merupakan bagian dekorasi kantor yang terbilang wajib. Walaupun demikian, sering kali kedua spot ini diabaikan kebersihannya. Padahal, setiap harinya debu terus menempel di atas permukaan tirai dan karpet.

Terlebih lagi, karpet kantor sangat rentan dengan kotoran dari sepatu pegawai, bahkan berbagai benda yang mungkin jatuh, tumpah hingga akhirnya menodai karpet. Karpet yang jarang dibersihkan tentu bisa menjadi sarang kuman dan akhirnya menjadi sumber penyakit.

3. Sudut-sudut Furnitur

Jika ada noda pada permukaan furnitur, tentu akan lebih mudah terlihat dan membersihkannya. Tapi sesekali, cobalah tengok bagian bawah meja kerja atau kursi kerja dan lemari, khususnya pada bagian sudut-sudutnya. Kamu akan terkejut dengan betapa kotornya spot tersebut. Tentu hal ini bisa menyebabkan munculnya kuman yang mengancam kesehatan.

4. Telepon Kantor

Walaupun tidak banyak yang menyadari, telepon kantor bisa menjadi salah satu spot yang dipenuhi kuman. Apalagi, sama halnya seperti karpet kantor, telepon kantor kerap digunakan bersama-sama. Pasalnya, uap udara dari mulut seseorang bisa menyebabkan kelembaban pada permukaan telepon.

Belum lagi, ada beberapa penyakit yang juga bisa ditularkan lewat mulut melalui udara. Seperti misalnya flu atau pilek. Kuman-kuman tersebut bisa bersarang di telepon kantor dan akhirnya menularkan pada orang lain.

Oleh karena itu, ada baiknya telepon kantor juga harus rutin dibersihkan setiap hari sebelum digunakan.  Cukup gunakan tisu basah antiseptik pada seluruh permukaan telepon, lalu keringkan dengan tisu kering. Dengan demikian, telepon tidak akan menjadi spot sarang kuman.

Untuk menghindari berkembangnya kuman pada berbagai spot di kantor, ada baiknya saat membeli kelengkapan, carilah berbagai barang yang lebih tahan noda dan kuman. Misalnya jika di toko karpet Jakarta, pilihlah jenis karpet yang paling praktis, seperti karpet tile, atau karpet berbulu pendek dan berwarna gelap.

COMMENTS